DESA CANTIK - CINTA STATISTIK

Salah satu program yang akan dilaksanakan BPS di tahun 2023 adalah Pembinaan Desa Cantik. Yaitu Desa Cantik, Desa Cinta Statistik. Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan berikutnya yaitu Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran. Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level desa.

Program Desa Cantik ini dilaksanakan pada tingkat desa berdasarkan  kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/ kelurahan serta memiliki potensi unggula seperti wisata, pemanfaatan teknologi atau produk unggulan lainnya.

Untuk mendukung program tersebut, tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia. Kini saatnya desa bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona. Yuuuuk Sukseskan Desa Cantik.

Tulis Komentar